Teringat pesan bang Napi, yang ngehits banget di jamannnya. Waktu
itu ada di salah satu stasiun tv swasta di program Sergap. Hayoo inget nggak??
Yaaa pesan khasnya adalah “Ingat kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena
ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!!
Waspadalah!”.
Mau sedikit share pegalaman ni...
1 Februari 2017 mendapat ujian kehilangan dompet. Peristiwa itu
terjadi setelah aku bolak balik ke jalan pogung, dari mulai beli kardus-kardus,
kemudian memutuskan untuk membeli makan, karena itu udah sore sekitar jam 17.00
WIB. Waktu sampai di tempat mak an hujan turun, deres banget. Akhirnya nekat
pulang mantolan. Seingetku sih tu dompet udah masuk ke tas, terus tasnya aku
masukin ke rok mantolnya biar aman gitu. Sesampainya di kontrakan, masukin
motor, buka pintu rumah, kamar, naruh tas dan belanjaan. Belum ngeh sih kalau
dompet ilang, nah pas aku buka tasnya kok kosong, lha dompetnya kemana? Aku
inget-inget lagi, dan melakukan reka adegan. (karena aku orangnya pelupa)
mungkin lupa aku taruh dimana gitu tadi, setelah melakukan reka adegan, aku
langsung kembali ke warung tempat terakhir yang aku datangi, mungkin
ketinggalan pikirku. Setelah kembali kesana.. Tadaaa Noting T_T akhirnya pulang
sambil liat” di jalanan mungkin jatuh. Tapi nggak ada. Aku cari-cari lagi di
kamar, dan aku memutuskan balik lagi mencari dompetku di sepanjang jalan dengan
lebih teliti. Tapi hasilnya nihil. T_T Akhirnya telepon bapak, udah mau
nangis-nangis gitu tapi ditahan. Nggak mau bikin bapak ibu sedih gitu, dan
akhirnya aku cerita dengan teman kontrakanku, sebenarnya aku enggan menyebar
bc-an kehilangan tapi karena dorongan dari temanku akhirmya aku menyebarkan
bc-an kehilangan itu dengan niat berikhtiar siapa tau ada yang menemukan.
Pagi Hari 02 Februari 2016
Di tengah
hactick-hacticknya ngerjain skripsi, tiba-tiba ada sms masuk ke ponselku. Demi
apa pagi-pagi udah dimodusin sama laki-laki -_-. Sms itu berisi “Apa benar
ini pemilik dompet dengan identitas KTP a/n aimma chusna. Dompet bisa diambil
di rumah pak yudi terimakasih.
Seketika rasanya seneeng banget, terimakasih
Ya Allah. Kayak dapet undian berhadiah mobil gitu. ~Yakali~ Oke dan seketika
langsung aku balas. “Alhamdulillah, iya benar pak. mohon maaf boleh minta alamat
rumahnya? InsyaAllah nanti saya ambil” Jadi aku udah kepikiran gitu, dan udah
menyusun jadwal buat ngambil dompet. Jadi sebelum berangkat halaqoh mampir ke
rumah bapaknya ambil dompetnya dulu, habis itu halaqoh terus bimbingan. Semua
terencana dengan baik, sampai ada pesan balasan dari bapaknya. Setelah aku buka
sms itu ternyata alamatnya Jeng.. jeng.. banyumas. What??? Mikir keras banget,
tu dompet semalem bisa terbang jauh banget sampe banyumas. Masih nggak percaya,
curiga. aku bales smsnya lagi.
Dompet saya ada di Banyumas pak? Lha saya di
jogja. Dan seketika langsung menghubungi orang rumah, Tiba-tiba bapaknya telepon
![]() |
| sms dari bapake modus (penipu) |
![]() |
| alamat rumahnya |
“Ya pak bagaimana? Terdengar suara ngapak dari bapaknya, yang
sangat lugu, dengan backsound murotal-murotal.
“jadi gini mbak, kemarin saya dari jalan kali urang terus mampir ke
Pogung di jalan nemuin dompetnya mbak, karena saya buru-buru mau kerja jadi
saya bawa pulang”
Aku spechless Hening... “Oh gitu ya pak, jadi gimana ya pak?”
Bapake modus “Ya gimana mbak”
Aku “Bisa dipaketin nggak pak”
Bapake modus “Bisa mbak, nanti kirimkan alamatnya ya mbak”
Aku “Oh iya pak makasih”
Lamaa... aku masih sibuk berdiskusi dengan keluarga, yang heran
juga dompet melayang sampai sana. Dan sms masuk. Mbak mana alamatnya ini saya
ke tempat paketan sekalian mau berangkat kerja.
Beberapa saat kemuadian aku baru membalas alamat kontrakanku di
xxxxxx Jogjakarta. 15 menit kemuadian
Kembali bapake modus telepon, mbak ini saya udah di paketan, saya
paketkan lewat travel.
Mikir.... kalau pakai travel berarti sehari nyampe ya, kan cuma
dititipin gitu. Baiklah, akupun tanya berapa harganya dan berarti hari ini
sampai. Kemudian telepon itu dipindahtangankan ke petugas paketan. Intinya
suruh milih mau paket biasa atau kilat, nggak bisa dibayar di Jogja dan uangnya
bisa ditransfer di rek petugasnya, karena bapake modus nggak punya rekening.
Lah tambah mikir lagi, katanya travel tapi kok ada paket-paketannya, kalau
paket kilat 95k kalau paket biasa 75k. Aku memilih paket biasa dan sampai jogja
kira-kira 3 hari. Telepon pindah ke bapake modus lagi.
Bapake modus “Gimana mbak?”
Aku “Iya pak udah, nanti coba saya tf kalau ada temen”
Bapake modus “Sealian jasa damel kulo nggih mbak, kulo tenggo teng
mriki”
Jeng..... jeng.... belum-belum minta jasa -_-
Daaan ada sms masuk no rek petugas travel. Aku telepon bapak
bla..bla..bla aku suruh tf intinya, tapi masih ragu juga sebenernya itu modus
penipuan apa nggak. Akhirnya aku telepon mbakku, kita berdiskusi cukup panjang
dan lama dan bermufakat itu dompet nggak usah dipaketin aja, dan mau diambil
temennya mas Teguh yang ada di Banyumas. Oke masalah selesai aku hanya harus
bilang ke bapake itu, walaupun sebenernya nggak enak, kasian sama bapaknya
karena udah lama banget di tempat itu, nungguin, trus mau kerja juga (melas
karena waktu itu nggak tau kalau penipu zztt).
Aku telepon bapak-bapaknya...
Aku :
“Pak, nyuwun ngapunten nak mboten sios dipaketke pripun nggih? Ini nggak ada
temen yang bisa bantuin tf pak, identitas saya kan di situ semua”
Bapake modus : “ Wah mbak, kula tilar kerja riyin mawon. Mangkih nak sampun di
tf ngabari kulo malih”
Aku :
“Mboten sah pak, dompetnya mau diambil saudara yang ada di situ, nanti bapak
janjian saja sama saudara saya. Gimana pak?”
Bapake modus : “Duh tapi kula rikuh kalih petugase mbak”
Aku :
“Yaudah sini pak saya yang bilng sama petugasnya”
Beberapa saat
kemudian...............................
Aku :
“ Halo pak, dompetnya mggak jadi dipaketin ya, mau diambil saudara saya aja,
saya susah buat tf uangnya masalahnya, bisa kan?”
Petugas :
“Ya bisa sih mbak, tapi udah dibungkus mbak”
Aku :
“Tapi tetep bisa dibatalin to?”
Petugas :
“Ya bisa mbak, tapi dikenakan biaya bungkus 7.5k”
Aku :
“Oh, yaudah nggak papa, pokoknya nggak jadi aja. Makasih ya”
Finally, semuanya berakhir dan aku buru-buru mau bimbingan skripsi
karena bapak dosen udah di jurusan. Masih di kampus janjian sama temen tak
suruh nganter ke polsek bikin surat kehilangan buat jaga-jaga gitu.
Tiba-tiba bapakku telepon-telepon, karena susah signal jadi susah
signal jadi nggak keangkat dan udah ada sms bahwa tadi siang ada yang
telepon mas syafii (tetanggaku) bilang kalau dompetku ada di Annur Cell Pandega
Marta. Setelah baca itu jadi makin bingung lah ini yang bener yang mana,
jadi bias informasi gini.
Buka WA di grup Baiti Jannati udah rame buanget, pokoknya suruh
hati-hati ada modus penipuan baru yang kalau orang nemuin dompet gitu minta
jasa, terus nanti per identitas ada harganya sendiri-sendiri. Contohnya SIM
100k, STNK 200k. Huwaaa tambah takut.
Aku sama temenku ke polsek bikin surat keterangan kehilangan, trus
aku telepon tu ke annur cell minta alamatnya, ternyata bener dompetku di sana.
Alhamdulillah.Tenyata dompetku ditemuin sama orang yang baik, jadi dompetku
jatuh dan ditemuin sama suami mbaknya, dan siang tadi baru mbaknya buka-buka
dompetnya nyariin nomor, dan ada nomor tetanggaku. Qodarullah itu nomor ada di
dompet gara-gara waktu itu bapak suruh konfirmasi mau ikut piknik ke Glagah apa
nggak, karena bapak nggak di rumah akhirnya nomor masnya tak catet di kertas
dan tak taruh dompet biar nggak lupa. Dan jelas banget berarti Bapaknya itu
PENIPU.
MasyaAllah skenario Allah memang sangat luar biasa. Banyak ibroh
yang bisa diambil terutama harus hati-hati kalau bawa dompet, bc an itu ada
manfaat dan madhorotnya, bisa dimanfaatkan sama orang yang mau berbuat jahat,
terus waspada sama orang, bukan bermaksud suudzon tapi waspada karena kita
nggak tau apa yang terjadi, daaaan jangan pernah sendiri kalau mau nemuin orang
yang nggak dikenal, minimal ngajak 1 temen buat jaga-jaga kalau terjadi sesuatu
dan jangan lupa untuk berinfaq ya gais, bisa jadi itu semua karena kita kurang
infaq dan sodaqoh.
Sekiaaaaaan. Semoga bermanfaat tetap waspada dan hati-hati dimanapun
anda berada J



0 komentar:
Posting Komentar